Minggu, 24 Maret 2024

 


Artikel ini hanya untuk bagi penjual shopee pemula ya sob.adalah cara proses pesanan yang masuk dan cara pengirimannya.artikel ini menjadi salah satu lanjutan dari artikel sebelumnya dimenu seller shopee.berikut cara proses pesanan yang masuk ke toko shopee kita :

1.Melalui handphone atau smartphone

  • Buka applikasi shopee
  • Kemudian klik "Saya"
  • Klik "Toko Saya"di kiri atas sudut
  • Akan muncul menu toko di shopee.di status pesanan akan muncul berapa pesanan yang masuk,kemudian klik "Perlu Dikirim"
  • Jika lebih dari satu pesanan masuk,maka akan berbaris kebawah list pesanan yang masuk.kemudian klik "Atur Pengiriman" 
  • Di bagian "Atur Pengiriman" akan ditampilkan dua Opsi.yang pertama opsi DROP OFF yaitu kamu mengantar pesanan untuk dikirim ke gerai jasa kirim terdekat sesuai alamat kamu di toko,kemudian ada PICK UP,yaitu pesanan kamu dijemput langsung oleh kurir jasa kirim.silakan pilih opsinya.
  • Packing produk kamu sesuai yang tertera di pesanan.packinglah seaman mungkin dan serapi mungkin.dan jangan lupa sesuaikan berat sesuai pesanan.jangan lebih atau kurang.
  • Setelah selesai di packing,tuliskan resi di kemasan/packing.untuk melihat resi klik "Lihat Rincian Pengiriman"di pesanan "Perlu Dikirim"
  • Kemudian antar pesanan ke gerai jasa kirim  jika kamu sebelumnya memilih DROP OFF dan atau tunggu kurir jasa kirim untuk menjemput produk jualanmu kalau kamu sebelumnya memilih "Pick Up"
2.Melalui komputer atau Laptop
  • Buka seller.shopee.co.id atau bisa buka shopee.co.id dan klik seller centre di bagian kiri atas sudut.
  • Di bagian menu "Pesanan" akan muncul tulisan "Yang perlu dikirim".disitu akan muncul beberapa status pesanan.klik "Pengiriman Perlu Diproses"
  • Akan muncul daftar pesanan yang masuk ke toko shopee mu,kemudian klik "Atur Pengiriman"
  • Setelah kamu klik atur pengiriman akan muncul DROP OFF dan PICK up,silakan pilih sendiri.ingin mengantar sendiri ke gerai jasa kirim klik DROP OFF dan jika ingin pesanan di jemput kurir jasa kirim klik PICK UP.
  • Packing produkmu sesuai pesanan,packing dengan aman dan rapi.dan jangan lupa selalu memeriksa berat produk yang sudah dikemas sesuai pesanan yang masuk.
  • Selesai packing,kamu bisa tulis resi pengiriman.nomor resi bisa dilihat di menu "Pengiriman telah di proses" atau perlu dikirim.disana akan muncul nomor resi di bagian "Lihat rincian pengiriman" atau kamu bisa klik detail pesanan tersebut dengan cara klik "Perlu dikirim"di barisan produk pesanan.akan muncul detail pesanan,dan di bagian "Informasi Jasa Kirim"akan muncul nomor resi,kemudian tuliskan resi di kemasan.
  • Antar pesanan ke gerai jasa kirim jika kamu sebelumnya memilih DROP OFF atau tunggu jasa kirim menjemput pesanan kamu.

Beberapa jasa kirim,tidak menyediakan opsi pick up atau penjemputan pesanan.jika sudah terlanjur klik opsi PICK UP ketika mengatur pengiriman,kamu tetap bisa mengantar pesanan ke gerai jasa kirim (Drop OFF).dan jika terlanjur klik opsi DROP OFF kamu tetap bisa menyerahkan pesanan kepada kurir jika kebetulan ketemu.tapi hati-hati menyerahkan pesanan kepada kurir jika sebelumnya tidak menggunakan PICK UP,atau tidak mengenalnya.jika produk kamu di PICK UP kurir,maka kurir akan updtae atau entry resi di tempat kamu.dan sebaiknya jangan berikan pesanan kepada kurir jika pesanan belum di entry atau di update resinya,kecuali kamu mengenal atau yakin dengan kurir tersebut.

Setelah pesanan kamu antar ke pihak jasa kirim atau di pick up kurir,suruh mereka untuk update resi atau entry resi.jangan pulang dari gerai jasa kirim jika produk kamu belum di entry atau di update resinya.Pesanan akan masuk ke bagain "Dikirim" di menu pesanan kamu,atau pesanan sudah bisa dilacak di pelacakan,itu artinya pihak jasa kirim sudah update atau entry resi pesanan kamu.

Untuk masalah berat ketika packing barang,tidak boleh lebih atau kurang.periksa pesanan sebelum packing,pastikan semua produk sudah pas ketika akan di packing.karena kalau kurang,pembeli akan komplain ketika menerima barang,kemudian mengajukan pengembalian dana,return barang atau meninggalkan ulasan jelek di toko kita.

Dan jangan melebihkan berat pesanan,karena jika lebih nantinya akan ada selisih ongkos kirim.jika pembeli pesan 1kg misalnya, maka kirimkan lah produk dengan berat 1kg.dan jika setelah di packing ternyata beratnya bertambah,itu tidak masalah jika berat tidak melebihi 1,3kg.pihak jasa kirim memberikan toleransi untuk berat kemasan dengan produk sampai 3kg.

Berikut ini adalah toleransi berat barang dalam pengiriman :
  • Pesanan 1kg memiliki toleransi 1,3kg.pesanan 1kg ketika di packing akan bertambah beratnya,karena kemasan juga memeiliki berat.biasnya berat bertambah 100 gram,200gram atau 300gram.selama tidak melewati 1,3kg...maka produk kamu akan tetap dihitung 1kg oleh pihak jasa kirim.jika melebihi berat sesuai pesanan,misalnya 1,4kg maka produk kamu akan dihitung 2kg.dan disitu akan terjadi selisih ongkos kirim.dan selisihnya dipotong dari saldo penjual setelah selesai transaksi.karena pembeli hanya membayar ongkos sesuai pesanan yaitu 1kg,karena lewat 1kg menjadi 2kg...yang 1kg yang lebih dibebankan kepada penjual.
  • Pesanan 2 kg memiliki toleransi 2,2 kg
  • Pesanan 3 kg memilik toleransi 3,1 kg
  • Pesanan 4kg keatas tidak memiliki toleransi.
Untuk setiap penjual online perlu menyediakan timbangan yang akurat,agar bisa memastikan berat produk yang akan dikirim sesuai dengan pesanan.


Status dan posisi pesanan yang dikirimkan bisa kamu lacak di detail pesanan dan dibagian pelacakan akan muncul status dan posisi pesanan.atau bisa juga cek pesanan di website jasa kirim yang digunakan.jika tidak ada kendala dan barang sudah sampai ke pembeli,dana penjualan kamu akan otomatis dikirimkan ke saldo penjual kamu.atau kamu bisa minta pembeli untuk klik pelepasan dan agar dana penjualan langsung cair ke saldo tokomu.

Jika pesanan berhasil dan tidak ada kendala,minta pembeli untuk meninggalkan ulasan yang baik dengan rating bintang 5.ulasan dan rating bintang 5 akan sangat berpengaruh sebagai referensi untuk calon pembeli selanjutnya.

Ada beberapa masalah yang biasanya terjadi ketika barang diantar ke pembeli atau sudah diterima pembeli :

  • Menolak pembayaran COD,pembeli menolak membayar COD.maka barang pesanan akan dikirimkan kembali kepada kita penjual.dan jangan lupa,ketika kita menerima pengembalian barang selalu lakukan video unboxing.jika produk kita terima tidak sesuai dengan yang kita kirimkan kita bisa ajukan banding.atau bisa melapor ke Costumer service Shopee.ini adalah resiko menghidupkan opsi COD di pengaturan pengiriman.namun sekarang lebih banyak pembeli lebih memilih COD daripada bayar pesanan di depan,padahal ketika dia menggunakan COD masih ada beban biaya yang ditambahkan ketika pembeli melakukan pembayaran.
  • Barang tidak seuai diterima pembeli.biasanya jika barang tidak seuai,pembeli akan mengajukan banding di shopee,penjual akan memberikan video ketika unboxing kepada shopee dan kita diminta meminta video pengemasan barang.jika kita tidak sanggup memberikan video pengemasan barang,maka kita akan kalah banding.jika kalah banding,biasanya pesanan barang akan di kembalikan atau pengembalian dana.kasus ini hampir sama dengan barang pesanan rusak.
  • Barang Hilang,produk pesanan hilang sewaktu pengiriman dan tidak sampai ke pembeli.dan untuk kasus ini yang salah adalah pihak jasa kirim.untuk ini biasanya produk kamu akan diganti 100 persen oleh shopee dan akan dikirimkan dana penuh  ke saldo tokomu sebagai gantinya.namun penggantian dana penuh barang hilang tidak berlaku untuk semua jasa kirim.sebagian hanya diganti 10xdari ongkos kirim.jika produkmu barang mahal ada baiknya mendaftarkan di asuransi pengiriman produk.nanti akan kita bahas di artikel selanjutnya.

Categories:
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!